Senin, 07 September 2009

Daftar tumbuhku (Growlist)

Well, gw baru sempet ol lagi setelah internet gw mati...BTW udah bulan puasa ya? selamat ya bagi yang melaksanakan..
Ok. gw masukin daftar tumbuh gw ini, mungkin dalam bentuk yang agak formal ya?

Tidak terasa sudah 3 tahun saya memelihara nepenthes, semua berawal dari Mirabilis yang saya beli dari SN 4 tahun yang lalu (waktu saya kelas 6 SD), saya mulai membeli berbagai jenis nepenthes.
Tentu aja waktu itu saya belum tahu bedanya nepenthes cabutan / budidaya, saya hanya liat corak kantongnya saja, tanpa melihat kondisi tanaman tersebut. Yang kedua adalah ampullaria, dulu saya benar2 blank tentang memelihara nepenthes (ampullaria tersebut di rumah langsung distek habis, yang akhirnya gagal semua :P :P).
Semua yang saya beli (kecuali Mirabilis) dan sampai saya menemukan buku Nepenthes yang dikeluarkan Trubus, walaupun kurang membantu (karena isinya banyak yang kurang tepat), semuanya menjadi gingseng, bubur daun, mati dll.
Harapan untuk memelihara muncul ketika saya bertemu Pakde di Stand SN waktu pameran di cibubur, beliau yang mengenalkan forum ini ke saya (makasih pakde!) dan akhirnya saya bisa menjadi grower yang membuat nepenthes cukup betah di halaman rumah saya..

Spesies:
1. N. adnata 3 (KTKI Store: ordinary, rubra).
2. N. albormarginata 2 (Aliry nursery, KTKI Store : red, all green).
3. N. anamensis 1 (SN : red).
4. N. ampullaria 10 (SN, Aliry Nursery : Hotlips speckled, red, tricolor).
5. N. andrianii 2 (KTKI Store : Unknown).
6. N. bicalcarata 2 (Widya nursery : orange flush).
7. N. bongso 1 (Gift from mas Sakti : unknown).
8. N. copelandii 1 (SN : green speckled).
9. N. distillatoria 1 (Gift from Om John : green).
10. N. eustachya 1 (SN : red).
11. N. gracilis 9 (SN, Aliry nursery : brown, red speckled, green, hijau corak dalam, unknown).
12. N. hirsuta 1 (SN : green).
13. N. longifolia 1 (KTKI Store : unknown).
14. N. maxima 6 (Aliry, Widya, SN : rantepao, tentena, unknown).
15. N. mirabilis 20 (SN, Aliry nursery, KTKI Store, Gift from Pakde : red green lips, speckled, papua, green, unknown).
16. N. rafflesiana 3 (Aliry, Widya nursery : Green speckled, var alata).
17. N. reindwartiana 5 (Aliry, Widya nursery : green, red, variegata).
18. N. sanguinea 1 (SN : red).
19. N. tobaica 9 (SN : Orange).
20. N. thorellii 1 (SN : brownish red).
21. N. truncata 1 (SN : unknown).
22. N. ventricosa 8 (SN : red, giant).
23. N. veitchii 1 (SN : gold).

Silangan :
24. N. clipeata x eymae 1 (SN : ordinary).
25. N. xkuchingensis 17 (Gift from Pakde, Pak abdul Kadir : green speckled, red, unknown).
26. N. xventrata 8 (SN : Red).
27. N. xhookeriana 4 (Aliry , Widya nursery : green, tricolor).
28. N. xneglecta 7 (SN : red hotlips).
29. N. globosa x andrianii 1 (SN : red).
30. N. xmiranda 1 (SN : ordinary).
31. N. xcoccinea 1 (SN : red green striped lips).
32. N. xtrichocarpa 15 (Widya, SN, KTKI Store : speckled brown).
33. N. mirabilis x rafflesiana "daun merah" 1 (SN : all red).
34. N. mirabilis x reinwardtiana 1 (KTKI Store : unknown).
35. N. glabrata x maxima 1 (Gift from om John : still green).
36. N. spectabilis x ventricosa (SN : ordinary).

Yang akan Datang :
N. x Singapore GardenTech red 1 (SN).
N. madagascariensis 1 (SN).
N. northiana 1 (SN).
N. neoguineensis 1 (From om John).
N. albormarginata x clipeata 1 (From om John).
N. macrovulgaris x reinwardtiana 1 (From om John).
N. xindah 2 (From om John, From mas Sakti).
N. distillatoria 1 (From om John : purple).


Seedlings :
N. mirabilis x (mirabilis x globosa) thank you pak miko ama pak riyadh.
N. gracilis thanks buat bekubi (irfan) dan pak sofyan.
N. rafflesiana dari........ pak who dont want his name told.
N. rafflesiana merah dari Pakde.
N. mirabilis x rafflesiana (From Bekubi / Pak Irfan).
N. maxima "Wavy Leaves" (Mas Anton).

Rest in Peaces (Maybe)
1. N. gymnamphora tipe Jateng (maaf pak Suska, abis ditinggal liburan)
2. N. Rafflesiana (Poor handling)
3. N. Ampullaria (Poor handling, ate by Rabbit)
4. N. Gracilis (Poor handling)
5. N. Reinwardtiana (Has no root, ate by worm)


Penyinaran :
09.00-13.00 : Thorelli, mirabilis x rafflesiana, sanguinea.
10.00-15.00 : Hirsuta, glabrata x maxima, clipeata x (clipeata x eymae), gracilis, reinwardtiana, spectabilis x ventricosa, eustachya, distillatoria, bongso (didalam sungkupan), copelandii.
09.00-16.00 : xhookeriana, maxima, veitchii, andrianii x globosa.
11.30-17.00 : Mirabilis, ampullaria, bicalcarata
10.00-17.00 : alata, andrianii, ampullaria, rafflesiana, xtrichocarpa, beberapa stekkan, xkuchingensis.
10.00-15.00 : Mirabilis, gracilis, xneglecta, ampullaria, xcoccinea, xtrichocarpa, reinwardtiana, mirabilis x reinwardtiana, khasiana
Yang tidak terkena sinar matahari langsung sama sekali : Longifolia, ventricosa, xventrata, Seedlings, xhookeriana, xmiranda.

Penyiraman :
Pagi hari jam 04.00-04.30. 1x sehari, medianya, tanamannya sekelilingnya, lingkungannya semua dibasahi. mode selang : Mist. Sebisa mungkin selalu basahi lantai dan sekeliling tanpa mengenai tanamannya, terutama di genteng. Saya menggunakan teknik evaporative cooling, karena itu, saya harus sering mist lingkungan nepenthes

Perawatan tambahan :
Pupuk Growmore 10-55-10, B1 Liquinox, Atonik, Pegasus, Curacron, Confidor, Apsa, M1KO masing-masing 1x seminggu.
Dekastar 6 bulan sekali.

NB :

1 komentar: